Sabtu, 04 Agustus 2012

jaringan irigasi

Ibnu Hakim: Mahasiswa konservasi sumber daya lahan, Banda Aceh

Potensi lahan yang membentang sepanjang pinggir gunung Gampong Lhok Mesjid dengan komposisi tanah dipermukaan berupa liat yang dimanfaatkan petani sekitarnya untuk menanam Palawija dan hortikultura dengan adanya jaringan irigasi yang dibangun pada tahun 2006. Daerah lahan bertekstur liat yang ada di Gampong Lhok Mesjid sebagian merupakan hak milik penduduk. Batas tanah yang merupakan bertekstur liat kurang lebih 12 Hektar dari keseluruhannya dan sisanya sampai batas gampong merupakan hak milik.
Sistem jaringan irigasi Jeuram menggunakan bangunan utama bendung yang terletak di sungai Krueng Seunagan yang disuplesikan ke embung-embung yang ada. Bendung ini merupakan bendung permanen dengan tipe gerak dengan memfungsikan pintu sorong dan sebuah pintu penguras. Bendung Irigasi Jeuram merupakan sumber air utama di daerah irigasi Jeuram untuk memenuhi kebutuhan air irigasi mengalirkan air melalui saluran pembawa. Pada daerah irigasi pengaturan kebutuhan air menggunakan bangunan sadap Areal dan debit air untuk masing-masing bangunan sadap.
Jenis bangunan irigasi pada jaringan irigasi Jeuram terdiri dari bangunan sadap, Corongan, Penguras, Talang, gorong-gorong, Embung dan bak reservoir. Jaringan irigasi Jeuram mempunyai 2 (satu) saluran sekunder sepanjang 2.500 meter. Secara umum kondisi saluran masih cukup baik dan dapat berfungsi dengan baik.
Tampak bahwa jumlah areal berdasarkan bangunan yang ada mencapai luas 12,662 hektar, yang merupakan potensi lahan kurang produktif yang dapat dimanfaatkan, sedangkan debit air yang tersedia mencapai 20m3/detik dan apabila dimanfaatkan melalui sumur renteng, dapat mendekatkan input air terhadap tanaman yang dibudidayakan serta terjadi adanya efisiensi penggunaan air. Dengan luas areal lahan Pengunungan lebih kurang 12 hektar, petani melakukan usaha pembenahan tanah setiap kali akan melaksanakan penanaman mempergunakan pupuk kandang, lempung, dan kompos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar